Pelayanan USG

7Pemeriksaan USG dilakukan secara rinci untuk melihat pertumbuhan dan perkembangan janin dan organ tubuhnya. Dengan pemeriksaan ini perkembangan janin dari hari ke hari selama kehamilan sangat mudah dipantau,kelainan yang mungkin timbul juga akan dapat dideteksi dari kini.

Pemeriksaan USG resolusi tinggi dengan melakukan pengukuran Nuchal translucency (NT) dan pemeriksaan Nasal Bone (NB) untuk skrining Sindroma Down.Penekanan pemeriksaan dilakukan pada otak,muka,tulang,ginjal dan limpa janin.beberapa kelainan congenital USG resolusi tinggi pada usia kehamilan 11 – 14 minggu

Pelayanan Antenatal

Pelayanan yang berkesinambungan selama Sembilan bulan kehamilan untuk mencapai hasil akhir proses kehamilan yang baik dan berkualitas

Penilaian Panjang Leher Rahim

Dari pengukuran panjang leher rahim,dapat didindikasikan kemungkinan resiko kelahiran premature atau lahir belum pada waktunya.

Anjuran pemeriksaan USG

  • untuk skrining,pada trisemester pertama sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan sekitar 5 minggu (4-12minggu)
  • Skrining pada trisemester kedua sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan sekitar 20 minggu (18-23minggu).
  • Pemeriksaan USG pada trisemester ketiga untuk menilai perkembangan janin sebaiknya dilakukan pada usia kehamilan 32-34 minggu.

Selain untuk pemeriksaan yang berhubungan dengan bidang kehamilan dan kandungan, USG 3-4 D juga dapat digunakan untuk bidang lain, seperti:

  • Anak : USG Kepala Bayi dan mengetahui kelainan organ bayi
  • Dewasa : Penyakit dalam, Kardiologi (Jantung), Payudara, Kelenjar Thyroid, dll.